2013-02-08

Cara Merawat Gitar



1. Harus ada tempat gitar (case)
 
Gitar juga harus memiliki tempat untuk menyimpan yang biasa disebut case (tas gitar). Case tersebut berguna untuk melindungi gitar dari debu, kotoran, atau benturan dengan benda lainnya yang bisa mengakibatkan body gitar akan tergores dan lecet.
Case gitar ada dua macam, yaitu soft case dan hard case, hard case biasanya terbuat dari bahan kayu atau plastik yang kuat dan tebal, sangat aman untuk melindungi gitar anda. Softcase sendiri biasanya terbuat dari kain yang lumayan tebal, soft case cocok untuk digunakan apa bila anda ingin berlatih ke studio, bila ingin manggung ke tempat jauh lebih tepat menggunakan hard case.

2. Senar harus bersih

 
Bersihkanlah senar gitar anda setiap setelah selesai bermain gitar, karena tanpa disadari saat anda bermain gitar anda mengeluarkan keringat dari tangan anda yang biasanya mengakibatkan senar gitar anda akan berkarat. Senar gitar bisa dibersihkan dengan menggunakan kain lembut dengan ditambahi cairan string cleaner (pembersih senar) yang tersedia di toko musik.

3. Kendorkan senar gitar

Apabila gitar anda tidak dipakai lama, maka kendorkanlah senar gitar anada, karena apabila tidak dikendorkan sedangkan gitar hanya di diamkan dan tidak di mainkan akan membuat neck gitar anda membengkok walaupun kemungkinan kecil, tetapi tanpa disadari neck akan membengkok secara perlahan lahan.

4. Bersihkan Fretboard



Fretboard adalah tempat bersarangnya kotoran akibat keringat dari jari dan kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa manjadi kerak. Setiap kamu mengganti senar, sekalian bersihkan fretboard-nya dengan pick gitar, lalu lap dengan bahan kaus.

5. Ganti Senar
Jika senar sudah berkarat, gantilah. Jika tidak, bukan hanya tidak enak dimainkan, tapi warna suaranya juga menjadi tidak keruan, dan merusak fret gitar. Selain itu, jari-jari kamu juga bisa sakit. Belum lagi kalau senar itu putus dan kemudian melukai tangan anda.
Biasakan untuk mengganti senar gitar satu set sekaligus, 6 buah. Hal ini untuk mencegah belangnya warna suara antara senar baru dan senar lama. Jadi bila senar gitar anda sudah lama dan putus salah satunya, disarankan mengganti semuanya.
 
6. Jangan Dibanting






Seperti yang kita ketahui, gitar bukan benda yang murah harganya. Kalo lagi marah, banting yang lain aja, misalnya vas bunga, piring, gelas, ato lainnya. Kadang-kadang saat di panggung, orang-orang sering membanting gitar, bahkan membakarnya, jadi disarankan kamu jangan sampai terobsesi meniru adegan ini untuk keselamatan gitar kesayanganmu.

7. Jauhi Air
Jangan berharap main gitar pas hujan kayak di video-video klip. Sebab hukumnya HARAM alias gak boleh. Bahan kayu gitar sangat sensitif dengan air alias bisa rusak parah kalo kena air secara langsung. Jadi jangan sampai basah dan segera keringkan bila tidak sengaja terkena air.

8. Bawa ke Service
Jika masalah sudah terlanjur banyak, seperti neck bengkok, drier macet, dan beberapa part musti diganti dan harus ditangani oleh ahlinya, jangan ragu bawa ke bengkel gitar. Biasanya beberapa pengrajin rumahan gitar kostum mampu menanganinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar