Share this post :
2 1 0 1165
1. Maleo
dibidani
oleh menristek BJ Habibie tahun 1996 dengan harga patokan ditarget
tidak lebih dari 30 Juta agar terjangkau masyarakat, Habibie pun memutar
otak untuk merancangnya mulai dari mesin yang berkapasitas 1300 cc,
komponen lokal diatas 80%. Dan untuk mematangkan rencana tersebut dia
menggandeng pabrikan mobil dari Australia untuk melakukan riset dengan
satu unit mobil sebagai contoh telah dihasilkan. Namun sayang dana untuk
itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor milik Tommy anak bungsu
presiden Suharto, sehingga proy ek mobnas Maleo pun terhenti.
2. Timor S2
Meskipun
pada awalnya mengambil utuh KIA Sephia sebagai produk awalnya namun
Timor telah menyiapkan sendiri rancangan Mobnas generasi keduanya yang
dirancang oleh rumah desain Zagato Italia, namun terhenti juga
langkahnya akibat Krisis Moneter 1998 dan kejatuhan rezim ayahnya.
3. Bakrie B-97
Grup
Bakrie pun pernah menyiapkan mobil rancangannya berjenis MPV yang mana
desain rancang bangun kendaraan ini telah dilakukan di Inggris, bahkan
satu unit mobil contoh pun sudah dibuat dan diuji coba di sana, namun
belum sempat keluar lagi-lagi tersandung krisis moneter tahun 1998
sehingga proyek tersebut tidak jadi dilanjutkan.
4 Macan
Kendaraan sejenis MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco, dengan menggandeng Mercedes Bens PT. Texmaco mengeluarkan kendaraan ini, dan satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmaco keburu gulung tikar.
Kendaraan sejenis MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco, dengan menggandeng Mercedes Bens PT. Texmaco mengeluarkan kendaraan ini, dan satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmaco keburu gulung tikar.
5. Gang car
dari
PT. DI, meskipun bidang usahanya membuat pesawat tapi PT. DI juga
membuat mobil imut berkapasitas 2 orang ditenagai mesin 125-200 cc yang
didesain bisa masuk gang-gang sempit di perkotaan. namun sayang proyek
ini tidak pernah terdengar lagi kabarnya sejak tahun 2003 setelah PT.DI
dilanda kemelut dan merumahkan 9000-an karyawannya.
6. Marlip
Mobil
listrik buatan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memang
fenomenal karena menggunakan energi alternatif selain BBM yaitu listrik.
namun sayang modelnya masih jauh dari harapan sebuah mobil, entah apa
yang ada dibenak orang-orang LIPI menampilkan mobil dengan energi
alternatif tapi dengan desain sekelas bengkel las pinggir jalan, itulah
Marlip.
7. Gea
City
car produksi bareng PT Inka dan BPPT menggunakan mesin 650 cc yang
merupakan mesin asli buatan dalam negeri dari hasil riset BPPT dengan
nama "Rusnas" dan karena masih dalam tahap pengembangan maka body mobil
masih menggunakan fiberglass. Namun apakah setelah produksi masal nanti
mereka akan menggunakan baja dengan Model seperti ini?.... Harus diingat
orang membeli mobil bukan karena mesinnya saja, tapi juga tampilannya
yang menarik.
7. Gea
8. Arina
Karya
Universitas Negeri Semarang (Unnes). Bisa dibilang langkah berani yang
diambil akademisi dengan menciptakan sebuah mobil mendahului Per guruan
tinggi sains ternama di Indonesia seperti ITB dan ITS, dan desain
bodynya juga lebih menarik dibanding Gea dan Marlip, Namun mengandalkan
mesin motor 150 - 250 cc sebagai penggeraknya? Tampaknya pihak Unnes
harus memikirkan mesin yang memiliki kapasitas silinder lebih besar
namun irit untuk menggendong body berkapasitas 4 penumpang, minimal 500
cc..
9. Tawon
Diciptakan
oleh produsen gas pertama di Indonesia PT Super Gasindo Jaya, dengan
sumber bahan bakar bensin dan gas. Penciptanya merencanakan mobil ini
untuk mengganti bajaj, hmmm.. cukup seimbanglah bila disandingkan dengan
bajaj malah bisa dibilang leb ih bagus, namun untuk dijual komersial
apalagi dengan harga Rp 48 juta nggak menjamin mobil ini bisa diterima
pasar.
10. Komodo
dari
PT. Fin Tetra Indonesia, Layaknya seekor binatang purba dari zaman pra
sejarah yang masih tinggal di bumi, maka tampilan Mobil Komodo pun
garang, dan memang kendaraan tersebut di desain untuk menjelajah medan
offroad. Namun sebenarnya kendaraan ini bukan masuk kategori mobil lebih
pas kategori ATV bahkan mesinnya pun lebih kecil dari ATV, hanya 180
cc.
11. Esemka Digdaya
10. Komodo
11. Esemka Digdaya
Yah
sesuai namanya mobil ini adalah hasil karya anak-anak SMK 1 Singosari
Malang, kendaraan ini berjenis MPV dan siapa sangka mobil hasil karya
anak SMK yang nota bene masih berumur 16-17 tahun ini begitu sempurna
melebihi produk mobnas pabrikan lainnya dalam PPI 2009 Di Kemayoran
Jakarta. Meskipun mesinnya masih menggunakan mesin eks Timor 1.500 cc
itu cuma masalah kecil, karena tinggal menggantinya saja dengan mesin
berkapasitas lebih besar dengan komponen lokal yang tinggi, dijamin
harga jualnya akan terjangkau. Dua jempol untuk SMK 1 Singosari Malang.
sumber: http://all-mistery.blogspot.com/2010/04/11-mobil-buatan-indonesia-yang.html
sumber: http://all-mistery.blogspot.com/2010/04/11-mobil-buatan-indonesia-yang.html
Silahkan masukan Email Anda untuk berlangganan gratis via email, dan Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Sekedar Tahu Saja..!!
Silahkan Gunakan Facebook Comment, Jika Anda Tidak Memiliki Url Blog!
Poskan Komentar