2013-02-08

Pentingnya Distorsi Gitar

Distorsi

Saat sinyal gitar terlalu keras untuk ampli yang terhubung dengannya, distorsi (clipping) dapat terjadi. Banyak persilangan untuk istilah 'distorsi', 'fuzz' dan 'overdrive'. Distorsi umumnya digunakan untuk menyebut clippng yang terjadi pada pedal dan ampli solid-state (tanpa tabung). Overdrive merujuk pada karakter suara pedal dan ampli berbasis tabung. Fuzz adalah bentuk ekstrem dari distorsi yang dihasilkan oleh pedal fuzz yang sengaja dibuat seperti itu.
Efek Distorsi
Efek Overdrive
Efek Fuzz
  • Cara Kerja Distorsi
   Karena sinyal input gitar sengaja disetel terlalu tinggi, rantai sirkuit tidak bisa menciptakan kembali suara gitar secara akurat. Akibaynya, sinyal gitar pun terdistorsi. Cara komponen efek memproses sinyal gitar mempengaruhi jenis distorsinya. Oleh karena itu, muncullah berbagai distorsi soal keunggulan relatif dari pedal dan ampli tabung.
Ampli gitar yang dilengkapi distorsi


   Distorsi bisa mengubah karakter gitar secara radikal, sebab efek ini mengubah keseimbangan frekuensi sinyal dengan cara menaikkan level harmonik yang lebih tinggi. pada distorsi dengan tingkat lebih tinggi, sinyal gitar mengalami kompresi sehingga sustain naik sementara dinamika permainan gitar berkurang. Salah satu alasan mengapa banyak pemain rock dan blues lebih menyukai distorsi tabung adalah karena distorsi ini menciptakan harmonik yang secara musikal berhubungan dengan nada yang sedang dimainkan. Sementara itu, sirkuit solid-state umumnya mendorong hamonik jauh ke atas cakupannya sehingga distorsi yang dihasilkan kurang maksimal.


Parameter yang biasanya ada pada
distorsi adalah :

Gain/Drive/Overdrive/Fuzz
: Mengatur jumlah distorsi yang sedang diaplikasikan dan juga untuk mempengaruhi volume.

Output/Mix/Level
: Volume pedal secara keseluruhan.

Tone
: Untuk mengatur tone.
  • Tips Distorsi
- Sebagai permulaan, pastikan kenob volume dan tone gitar disetel maksimum.
- Mulai setel gain pada nol, kemudian perlahan naikkansampai ke derajat fuzz.
- Kesalahan klasik dalam distorsi adalah gain diputar terlalu tinggi. Ini karena anggapan yang salah, yaitu peraturan ini dapat memberi 'kekuatan lebih untuk nge-Rock'. yang sesungguhnya terjadi adalah jarak cakupan dinamika gitar akan 'dirampok' dan kejelasan permainan gitar pun menurun.
- Jangan berdiri terlalu dekat dengan ampli jika tidak mau menghasilkan feedback mikrofonis atau dengungan pick up/sumber listrik.
- Selalu gunakan kabel berkualitas terbaik. Distorsi dengan kabel murahan akan menghasilkan suara mendedas dan letupan.
- Selalu tempatkan distorsi di awal rantai efek.
- Matikan semua senar terbuka yang tidak dipakai agar tidak mengganggu suara distorsi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar